Sabtu, 16 Februari 2013

Login Akun Facebook Pada Jalur Aman



Bagi yang suka mengakses akunnya di jejaring sosial Facebook maka terdapat cara aman untuk melakukan autentikasi dan menjelajahi Facebook yaitu dengan mengatur akses pada jalur yang aman atau biasanya dikenal dengan sebutan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure atau protokol transfer hiperteks versi aman, atau disebut juga dengan HTTP over SSL (Secure Socket Layer) atau HTTP over TLS (Transport Layer Security)).
Keamanan dalam mengakses sebuah web dengan jalur aman, https, sangatlah dianjurkan sebab dengan mengatur pengaksesan lewat jalur aman ini maka pemilik akun akan dapat mengenali link Facebook yang legal alias asli. Tentu saja hal ini dikarenakan banyaknya hacker dan orang-orang jail lainnya yang berkeliaran di dunia maya, dan mereka sering melakukan fishing (phising atau memancing) korbannya dengan mengirimkan email mengatasnamakan suatu server, termasuk facebook) maka banyak server yang menyediakan jalur https.
Facebook sendiri sebagai server yang populer telah menyediakan jalur aman bagi pengunannya. Meskipun belum seperti Google yang sudah secara otomatis masuk ke jalur aman saat penggunanya melakukan autentikasi, Facebook masih mengharuskan penggunanya mengatur secara manual jalur aman https tersebut. Cara pengaturannya sendiri juga sangat gampang dan mudah dan hanya dengan beberapa langkah saja.
Cara setting https pada Facebook :
- Pertama-tama login ke akun.
- Pilih ‘Pengaturan Akun’ pada menu drop down atas kanan.
- Lalu pilih menu Keamanan.
- Masuk ke pengaturan Jelajah Aman.
- Beri tanda check pada kolom ‘jelajahi Facebook pada koneksi aman’
- Akhirnya, klik Simpan Perubahan. Maka pengaturan jalur aman telah disimpan dan diingat oleh server Facebook.
Setelah semuanya selesai maka server akan mengenali IP komputer penggunanya, sehingga setiap IP komputer yang telah mensetting https akan secara otomatis masuk melalui jalur aman ke server Facebook tersebut. Begitu juga halnya dengan email notifikasi, server Facebook akan selalu mengirimkan email notifikasi kepada penggunanya dengan link ‘https’ bukan lagi ‘http’. Nah, lewat jalur aman ini para pengguna Facebook akan dapat mengenali email asli yang dikirimkan server karena email palsu dengan mengatasnamakan Facebook yang dikirim para netter iseng sebagai fishing hanya berada di jalur http.
Itulah langkah-langkah menelusuri Facebook dengan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar