Rabu, 21 November 2012

Apa itu HTML5? [Tutorial HTML5 untuk Pemula]


html5 logo tutorial pemulaHTML5? seharusnya apa itu HTML? seperti di artikel ini
Web browser pertama, Mosaic, diperkenalkan pada tahun 1993. Sebuah Netscape di tahun berikutnya, Mosaic, diperkenalkan dan mulai menjadi populer. HTML digunakan dalam kedua browser, tetapi tidak ada “standar” HTML sampai pengenalan HTML 2.0.
HTML 2.0 pertama kali diterbitkan pada tahun 1995 kemudian HTML 3.0 diterbitkan dua tahun kemudian dan 4,01 dua tahun setelah itu.. HTML 4.01 telah menjadi kuda kerja internet sejak itu.

Rancangan kerja” pertama dari HTML5 keluar pada bulan Januari 2008 dan sudah memiliki dukungan browser  secara luas. Namun HTML5 belum sepenuhnya dilaksanakan dan tidak akan dilaksanakan selama beberapa tahun. Ada sejumlah perencanaan komite yang memiliki rencana untuk membuatnya menjadi “sebuah Rekomendasi”, tapi rencana tersebut masih dalam tahap perencanaan – dan tidak berencana bahwa mengubah waktu dekat. **
Ada Dua kelompok, W3C dan WHATWG, bertanggung jawab atas perkembangan HTML5. Mengapa dua kelompok itu? “WHATWG ini dibentuk sebagai tanggapan terhadap perkembangan yang lambat dari standar web dipantau oleh W3C.”Dengan kata lain mereka masuk bertengkar dan berpisah. ( wikipedia -
Mereka mengatakan telah sejak dulu ingin berpendapat tentang apa yang mereka buat. Kedua kelompok setuju bahwa itu akan membutuhkan beberapa tahun untuk sepenuhnya melaksanakan HTML5, padahal akan digunakan secara luas jauh sebelum itu – dengan asumsi bahwa, mereka tidak membagi dan mengalikan lagi.
Banyak di dewan W3C dan WHATWG bekerja untuk perusahaan browser yang bersaing. Tak pelak konflik kepentingan (untuk upaya brutal misalnya MS di akhir 1990-an untuk mengendalikan semuanya – ), telah menimbulkan masalah, tapi saya akui – meskipun begrudgingly, bahwa secara keseluruhan mereka telah melakukan pekerjaan yang cukup baik. (wikipedia-
Dalam banyak hal HTML5 tidak semua yang berbeda dengan 4,01. Tag tertentu, seperti tag <font>, yang “ditinggalkan” (tetapi bekerja) dalam HTML 4.01, dan tidak bekerja di HTML5. Ada sejumlah peluang lainnya dan berakhir perurubahan, tetapi mereka merapikan messes tua daripada memperkenalkan perubahan mendasar.
Perubahan mendasar yang datang dengan pengembangan API yang akan berjalan di HTML5 – alat baru yang menarik dan kuat yang akan mengambil tempat internet kita tidak dapat mulai bayangkan. Juga unsur-unsur baru seperti <header> itu, <nav> dan <article> telah diperkenalkan yang akan membantu mesin pencari menganalisis halaman web yang lebih baik.
Sekarang jika Anda ingin menambahkan video ke halaman Anda, Anda juga harus menambahkan script rumit untuk halaman Anda, menanamkan video YouTube atau harus membukanya di aplikasi terpisah seperti Windows Media Player. Yang pertama adalah tidak mudah dan kemudian kurangnya tenaga profesional. Tag <video> baru HTML5 akan mengatasi masalah tersebut. Saat ini tidak ada yang bisa sepakat tentang apa format video untuk digunakan. Akhirnya mereka akan bekerja dan ketika mereka membuat dan mendistribusikan program televisi akan berada dalam jangkauan setiap orang yang dapat membuat video dan menulis HTML.
Jika Anda ingin melihat contoh dari apa yang akan mendaftar untuk YouTube HTML5 beta http://www.youtube.com/html5, pilih “Join Trial HTML5″. Kemudian tutup jendela itu, klik http://www.youtube.com/embed/3NjXs_nXB5U dan mendengarkan Howlin wolf bertanya “Berapa Banyak Tahun Lagi?” Secara teori ada seharusnya tidak ada masalah tetapi masih dalam versi beta jadi siapa tahu. ***
Dengan diperkenalkannya IE9 bahkan Microsoft semakin di depan dengan sebagian besar elemen HTML yang lebih baru. Chrome, Firefox, Opera dan Safari telah memenuhi standar HTML5 untuk beberapa waktu.
HTML5 bukan hanya masa depan desain web, itu saat ini.

Sumber : http://css-weaver.com/apa-itu-html5/#ixzz2CvjuUElB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar